Afghani Biryani (Ruz Bukhari)

img_0368-1.jpg

Sebetulnya saya agak bingung liat foto diresepnya, karena kenapa bisa gitu warna berasnya jadi dua warna (putih dan kuning) secara gak pake kunyit atau safron sama sekali dan memakai 7 buah tomat.

Ah ah, biarin aja deh… yang penting rasanya menurut saya dan si Tukang Dongeng sih enak, dan teman yg kami ajak makan sih nambah (laper kali yaaa, hehehehe). Bikin versi Afghanistan dulu deh yaaa, ntar yg versi Arabnya menyusul.

Oya, harusnya ayamnya sih setelah diungkep matang, dimasak bareng nasinya… tapi saya pengennya dipanggang, jadi deh saya panggang. Trus setelah nasinya matang, saya ungkep sebentar pakai safron 5 menit. Setelah itu baru deh saya aduk-aduk, jadinya gak terlalu merah banget. Trus saya gak pake almond utk garnishnya, karena si Tukang Dongeng gak doyan😀

Afghani Biryani ini dimakan pake sambel kemiri ternyata mantep banget loh. Buat yang pernah nanya pake peanut butter bisa gak bikin sambel kemiri, ternyata bisa banget… saya bahkan pake selai kacang yg halus (kepepet soalnya lupa beli kacang goreng).

Sumber resep: http://www.angelfire.com/country/fauziaspakistan/afghanibiryani.html

Ingredients:
4 potong ayam, paha atas + paha bawah, kuliti, bersihkan, potong menjadi 2
3 cup beras Basmati (cup rice cooker kecil), cuci dan rendam 30 menit, tiriskan
1 buah bawang Bombay ukuran sedang, cincang
1 buah wortel, kuliti, cincang halus
2 buah tomat, blender (resep asli pake 7 buah tomat)
10 buah kapulaga utuh, keprek
10 buah cengkeh
1 batang kayumanis
½ sdt jinten bubuk (resep asli pake biji jinten)
Garam dan gula secukupnya (resep asli gak pake gula)
Merica hitam bubuk secukupnya
Safron, dikit aja (a pinch of safron) – resep aslinya gak pake
Air
Minyak goreng

Garnish:
Kismis, tumis dengan sedikit minyak sampai mengembung dan kempis kembali.
Sambel Kemiri (ternyata cocok banget loh pake sambel kemiri)

Directions:
1. Tumis bawang bombay dan wortel sampai berubah warna. Tambahkan ayam, masak sambil diaduk. Tambahkan kapulaga, cengkeh, kayumanis, jinten bubuk, garam, gula dan merica hitam bubuk. Masak sambil diaduk sampai tercampur rata dan ayam setengah matang.
2. Tambahkan tomat, aduk rata. Tutup wajan dan masak dengan api kecil sampai ayam matang. Sisihkan ayam dan air rebusannya.
4. Panggang ayam dalam oven sampai berubah warna. Lakukan pada kedua sisinya.
5. Masak beras dalam panci dengan air berbumbu rebusan ayam tadi. Aduk rata, tutup panci dengan aluminium foil dan tutupnya. Masak dengan api kecil. Perhatikan penambahan air, karena beras sebelumnya sudah direndam dengan air.
6. Matikan api, buka sedikit aluminium foilnya, taruh safron. Tutup kembali aluminium foilnya. Biarkan selama 5 menit. (Hati-hati waktu buka alu foilnya, karena uapnya panas banget).
7. Buka keseluruhan aluminium foil, aduk rata. Bisa tambahkan garam bila kurang asin.
8. Sajikan dengan meletakkan ayam diatasnya dan dimakan dengan kismis dan sambel kemiri.

Resep Sambal Kemiri :

Ingredients:
8 buah cabe merah, rendam air panas
3 sdt kacang goreng (beli jadi dan sudah asin)
6 butir kemiri, goreng
Garam secukupnya (kacangnya udah asin)
Gula pasir secukupnya
Cuka secukupnya
Air hangat secukupnya

Directions:
1. Ulek kacang goreng, kemiri goreng, cabe merah, garam dan gula sampai halus. Beri air hangat, aduk hingga larut.
2. Tambahkan cuka, aduk rata.
3. Siap untuk dihidangkan sebagai pelengkap nasi uduk, ketan atau bubur ayam.

Catatan:
Kalau punya cabe rawit, tambahkan cabe rawit (resep aslinya gitu), dan jangan lupa direndam air panas juga ya.

Sumber : http://iniaku.multiply.com/tag/masakan%20timur%20tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: