Basbousa (from mesir)

Kue asal Mesir ini terkenal manis karena siraman sirupnya, buat akhwat yang suka manis selamat mencoba,…cocok juga untuk teman berbuka puasa, yuk kita intip resepnya!!!

Bahan:

–         ½ cangkir mentega/margarine, cairkan (orang Mesir biasa memakai minyak samin(ghee)  bila ukhti memilikinya bisa di coba karena aromanya yang khas membuat kue berbau lebih harum)

–         1 cangkir gula pasir

–         2 butir telur

–         2 cangkir tepung semolina ( lihat di supermarket atau biasa ditemukan di toko-toko Arab atau India)

–         1 sendok the baking powder

–         ½ sendok the baking soda ( soda kue)

–         ½ cangkir air

–         Segenggam kacang kenari (almond) tanpa kulit belah dua (lihat di toko-toko Arab atau India biasanya mereka menjual telah bersih terbelah berwarna putih mengkilat dikenal dalam kemasan dengan “blanched split almond”)

–         Sirup

Cara Membuat Kue:

–         Aduk rata tepung semolina dengan baking powder dan baking soda

–        Campur mentega, gula pasir dan telur, kemudian aduk dalam ½ cangkir air. Lalu masukkan tepung semolina. Aduk-aduk sampai adonan lembut dan rata.

–       Siapkan loyang segi empat, tuang adonan dalam loyang yang telah diolesi margarine , panggang dalam oven bersuhu sedang (medium) selama 30-45 menit atau sampai matang  berwarna kuning kecoklatan.

  • (Masing-masing oven memiliki suhu dan kecepatan memanggang yang berbeda-beda jadi waktu memanggang diatas tidak bisa dijadikan patokan pasti, lihat dan cek kue dengan lidi bila kue tidak menempel di lidi berarti kue telah matang walau belum mencapai waktu yang ditulis diatas)

–   Setelah kue matang keluarkan dari oven, dalam keadaan panas-panas siram dengan sirup diatas kue hingga seluruh kue terendam dalam larutan sirup. Diamkan beberapa saat hingga sirup meresap atau sampai dingin

–       Potong-potong kue secara membujur (membentuk diamond/intan) taruh kacang kenari diatas potongan kue. Siap dihidangkan.

Cara membuat Sirupnya:

–         2 cangkir gula pasir

–         1/12 cangkir air

–         1 sendok makan perasan lemon( jeruk nipis bila tidak ada)

** Panaskan api (bersuhu sedang) dalam panci tuang air masukkan gula. Rebus hingga mendidih, tambahkan air lemon kemudian rebus sirup kembali dengan api kecil selama 10 menit atau cairannya menjadi agak kental dan tidak terlalu encer.

Sumber : http://cuek.wordpress.com/2007/02/03/basbousa-from-mesir/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: