Pancake

 

Resep 1 – Pancake Caramel

 

Bahan :

1/4 sdt ragi instan
4 sdm air hangat
3 butir telur
100 gr gula pasir
150 gr tepung terigu
100 gr labu kuning kukus, haluskan
150 ml santan
Baca lebih lanjut

SERABI

 

RESEP 1

 

Bahan:

175 gr tepung beras.

75 gr tepung kanji.

25 gr tepung terigu.

2 sdt garam.

2 sdm gula pasir.

125 ml santan dari 1/2 butir kelapa.

400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

2 sdm air pandan yang dibuat dari 15 lb daun pandan dan 2 lb daun pandan lalu ditumbuk dan diperas dengan 100 ml air. (kemudian campur dengan santan encer).

Baca lebih lanjut

Alternatif Pengganti Alkohol Pada Masakan

Pada jenis-jenis masakan tertentu sering digunakan alkohol seperti arak, ang ciu, wine, mirin dan sebagainya. Salah satu contohnya adalah pada masakan cina, jepang, juga pada pembuatan kue tart. Bahkan pada masakan lokal seperti nasi goreng sering ditambahkan arak. Oleh karena itu diperlukan alternatif pengganti khamr atau minuman memabukkan tersebut dalam masakan. Pengganti ini tentu saja tidak sama persis seperti menggunakan khamr, namun hanya menimbulkan rasa atau aroma yang mirip.

Ang Ciu : Alternatifnya adalah campuran kecap asin dan perasan jeruk limau.

Mirin : Alternatifnya adalah jus anggur yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.

Red Wine : Alternatifnya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat.

Bourbon : Alternatifnya adalah ekstrak vanilla, jus cranberry atau jus anggur.

Brandy : Alternatifnya adalah sirup buah cerry atau selai cerry.

Muscat : Alternatifnya adalah jus anggur yang ditambah dengan air dan gula putih.

Vodka : Alternatifnya adalah sari buah apel atau jus anggur dicampur dengan perasan jeruk nipis.

White brandy : Alternatifnya adalah anggur, sari buah apel, kaldu sayuran maupun air biasa.

Apple Brandy : Alternatifnya adalah jus apel tanpa pemanis

Sumber : http://www.halalguide.info/content/view/1060/835/

Risol

 RESEP 1

Bahan:
Kulit:

  • 4 cup tepung terigu
  • Air secukupnya untuk melarutkan
  • 1 btr telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Margarine secukupnya untuk menyemir wajan

Isi:

  • 3 bh Wortel ukuran sedang, parut kasar
  • 3 bh Kentang ukuran sedang, parut kasar
  • 4 bh Bawang Bombay ukuran besar, cincang halus
  • 150 gr Daging giling (boleh ayam, boleh sapi)
  • 5 sdm Susu Kental Manis (larutkan dalam 1 gelas air)
  • 4 siung Bawang Putih (cincang halus)
  • Lada bubuk (sesuai selera)
  • Penyedap (Kaldu spt R_Y_O, atau M_S_K_)
  • Tepung terigu secukupnya (larutkan dalam ½ gelas air)
  • 3 sdm Margarine

Selimut:

  • Telur dikocok, secukupnya
  • Tepung Panir, secukupnya

Cara membuat:
Kulit:

  • Campur terigu dan garam dengan air, aduk rata.
  • Masukkan telur, kocok rata.
  • Tambahkan air (jika perlu) sdikit demi sedikit hingga kekentalannya cukup.
  • Dadar satu-satu dalam penggorengan anti lengket, sisihkan

Isi:

  • Panaskan margarine dalam wajan besar (anti lengket yah), lalu tumis bawang bombay, bawang putih.
  • Setelah harum masukkan daging giling, tumis hingga setengah matang.
  • Masukkan kentang parut dan wortel parut, tumis hingga lunak.
  • Masukkan lada, penyedap, dan larutan susu. Aduk rata.
  • Setelah matang, masukkan larutan tepung terigu.
  • Aduk hingga mengental, setelah YAKIN semuanya matang, angkat lalu dinginkan.

SAATNYA MEMBUNGKUS

  • Ambil satu lembar adonan kulit, taruh 2 sdm adonan isi ditengahnya lalu lipat persegi panjang.
  • Well kalau mau lipat segitiga sih boleh-boleh aja, tp sejauh ini gue belum nemu caranya supaya rapi hehe.
  • Bungkus adonan isi dengan kulit, hingga kulit habis.

SAATNYA MEMANIR

  • Celupkan risol ke dalam kocokan telur, lalu angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan risol ke dalam tepung panir, ratakan.
  • Lakukan sampai semua habis, simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 20 menit, baru digoreng.

NOTE:

  • Gunakan wajan anti lengket supaya nanti kalian gak kesel, kok kulitnya susah lepas dari wajan. Nanti risolnya bisa berantakan kalau kalian kesel. Jangan lupa semir wajan dengan sedikit margarin supaya lebih anti lengket.
  • Kalau adonan isinya bersisa, maklum aja namanya juga resep egois. Tapi ada jurus jitu untuk memanfaatkannya… bisa dimakan dengan roti panggang (gak kalah enak nii), atau bikin telur dadar dan dimakan bareng telur dadar (ini juga enak hehe), yg paling gampang yah digado aja… enak juga kaaaaaan.
  • Kalau gak ada susu kental manis boleh kok pake susu bubuk, tapi adonan isinya jangan lupa ditambahin gula ya. Supaya lebih enak.
  • Pengalaman saya, semakin banyak bawang bombay dan lada, risolnya semakin enaaaaaaaaak.
  • PASTIKAN, semua risol sudah selesai digoreng baru kemudian disajikan.

http://ditaku.multiply.com/reviews/item/5

RESEP 2

Ingredients:
Adonan kulit American Risoles:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 3 btr telur
  • 300 ml susu cair
  • 75 gr mentega, lelehkan
  • margarine untuk olesan

Cara membuat:

  • Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  • Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  • Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  • Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  • Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Directions:
Bahan isi :

4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir.
½ Kg minyak goreng

Cara membuat :

  • Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potangan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
  • Lakukan hingga crepes habis.
  • Celupkan crepes isi kedalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
  • Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  • Goreng hingga kuning.
  • Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

http://dinasony.multiply.com/recipes

RESEP 3

Bahan kulit :

  • 250 gr tepung terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendeok teh garam
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 800 ml air
  • 2 sendok makan margarin di cairkan

Bahan Isi :

  • 250 gram ayam rebus di suwir- suwir
  • 200 gram wortel di potong dadu kecil2
  • 100 gram kentang di potong dadu kecil2
  • 100 ml kaldu ayam
  • 2 telor kocok lepas
  • 1 sendok makan meizena yg telah dilarutkan dgn sedikt air
  • minyak untuk menumis

Bumbu isi :

  • bawang prei
  • 1/2 sdt pala parut
  • 1/2 merica
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan lapisan :

  • 2 butir putih telur
  • tepung panir

Cara membuat :

  • Tepung terigu, garam, susu bubuk dimasukkan dalam baskom ditambah sedikit air uleni sampai benar – benar rata, baru dimasukkan sisa air tepuk-tepung adonan dengan tangan agar adonan liat
  • Panaskan wajan teflon ukuran 18 cm, olesi dengan minyak tipis-tipis
  • Buat adonan menajdi dadar tipis dan sisihkan
  • Untuk isi : tumis bawang merah dan bawang putih yg telah dihaluskan dan bawang prei yg telah dirajang halus sampai harum, masukkan suwiran ayam, wortel dan kentang sampai layu. Tambahkan kaldu ayam, merica, pala garam dan gula sampai kaldu menyusut. Untuk tahap akhir masukkan kocokan telur aduk2 sebentar. Kentalkan rogut dengan larutan meizena angkat dan dinginkan
  • Isi dadar risol dengan 1 sendok makan penuh rogut lipat bentuk amplop
  • Kocok putih telur, celupkan risol ke kocokan telur lalu tiriskan dan gulingkan ke tepung panir, timang2 risol agar tepung panir yg tidak lengket jatuh.
  • Diamkan dalam lemari es selama 1 jam agar tepung panir lengket benar
  • Goreng dalam minyak panas yang banyak sampai kecoklat coklatan
  • Siap dihidangkan dengan cocolan sambal tomat

Adonan diatas bisa jadi kurang lebih 30 buah

http://www.komunitasncc.web.id/2006/07/page/2/

RESEP 4

Ingredients:
Bahan Kulit :
1 cup terigu
3 cups susu
2 butir telur, kocok rata
1 sdt garam
Minyak untuk mengoles wajan

Bahan pencelup :
1 butir telur, kocok rata
2 sdm terigu
1/2 cup susu
Tepung panir (bread crumb)

Bahan isi :
1/2 lb daging cincang
Wortel, kupas, potong kecil-kecil
1/2 bw bombay, chopped
1 sdt garlic powder
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm gula
1 maggi block
Sedikit pala
1 1/2 cup susu
1/4 cup terigu larutkan dalam 1 cup air

Directions:
Membuat Kulit Risoles :

  • Campur semua bahan (kecuali minyak), aduk rata. Campur terigu dan susu terlebih dahulu, telur terakhir.
  • Olesi wajan dengan minyak, buat dadar tipis diameter 20-25 cm. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Buat Isi :

  • Tumis bw bombay hingga harum, masukkan daging giling dan wortel, aduk rata. Masukkan semua bumbu, aduk rata hingga wortel matang.
  • Tuangi susu, masak hingga mendidih.
  • Tuang larutan terigu, aduk cepat hingga mengental. Angkat.

Buat pencelup :
Capur semua bahan pencelup (telur terakhir), aduk rata.

Penyelesaian :

  • Ambil selembar kulit risoles, isi dengan 1-2 sdm adonan isi, lipat dan digulung.
  • Celupkan ke dalam adonan pencelup, gulingkan ke dalam tepung panir.
  • Goreng hingga kecoklatan. Angkat. Sajikan.

http://mamieksyamil.multiply.com/recipes/item/30

Resep Kari Kambing

 RESEP 1

http://www.dapurbunda.com/dokumen/resep/aneka%20hidangan%20khas 20india/KARI%20KAMBING%20ROTI%20CANE.txt

Bahan

Kari kambing:
500 gram daging kambing tanpa tulang, potong menurut selera
5 biji cengkih
5 cm kayu manis
3 tangkai salam hoya (daun kari)
1 buah bawang bombay, iris halus
2 sdm minyak sayur
600 ml air
350 ml santan dari 1 butir kelapa
3 sdm KECAP BANGO rasa manis

Haluskan:
7 buah cabai merah besar
6 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 sdm ketumbar
1/4 biji pala
3 butir kapulaga
1 buah peka
2 sdt garam
1 sdm jahe bubuk
1 sdm kunyit bubuk

Cara Membuat

  • Cuci bersih daging kambing, tiriskan, lumuri dengan setengah bagian bumbu halus dan diamkan selama 10 menit.
  • Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombay bersama bumbu halushingga harum. Masukkan daging dan bumbu rendaman, masak hingga berubah warna.
  • Tambahkan cengkih, kayu manis, dan air, masak hingga daging setengah lunak, masukkan santan, salam hoya, dan KECAP BANGO rasa manis, masak sebentar, angkat.
  • Sajikan hangat dengan roti cane

SUMBER : http://www.dunia-ibu.org/dapur/index.php?id=182

RESEP 2

Bahan:
250 gr daging sapi, bersihkan & potong sesuai selera
1 Sdt Bumbu kari
3 buah cengkih
2 lembar daun salam
2 cm kayu manis
1 sdt ragi India (kalau ada)
½ buah tomat belah4
minyak untuk menumis
500 ml air & 1 sdt asam jawa

Haluskan:

5 buah cabe merah
1 bawang Bombay
2 siung bawang putih
2 cm jahe

Cara bikin:

  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampe harum
  • Masukan tomat. Aduk sampe layu
  • Masukan daging aduk sebentar
  • Kemudian masukan bahan lain
  • Biarkan sampe daging empuk. (masak dengan api sedang)
  • Sajikan dengan nasi putih atau roti chapatti

http://liza22.blogspot.com/2006/07/gulai-kari.html

RESEP 3

Ingredients:
1 kg daging kambing, potong-potong sesuai selera
300 ml santan kental
1 liter santan cair (250ml santan kental dan 3 gelas air)
4 butir kapulaga
5 buah cengkeh
1 batang sereh, memarkan
2 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam kering
1 batang kayumanis
1 buah bunga lawang (star anise)
2 buah asam kandis kering
Minyak goreng untuk menumis

Haluskan:
1 sdt pala bubuk
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
1 ruas jari jahe
1½ sdt kunyit bubuk
3 butir kemiri, panggang dalam oven/micro wave (resep asli disangrai)
7 buah cabe merah
2½ sdt lengkuas bubuk
1 sdt jintan bubuk
½ sdt merica
Garam dan gula secukupnya

Directions:

  • Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tambahkan santan cair, masak hingga mendidih.
  • Masukkan daging kambing dan bumbu bumbu lainnya. Masak dengan api sedang hingga kuah tinggal setengahnya.
  • Masukkan santan kental dan aduk sekali-kali hingga daging empuk. Angkat dari panas
  • Siap untuk disajikan dengan ketupat/nasi/roti jala.

http://iniaku.multiply.com/recipes/item/163

RESEP 4

Bahan:

750 gr daging kambing, potong-potong

2 ltr santan sedang kentalnya

3 lbr daun salam

3 btg serai

1 1/2 sdt garam

1/2 sdm gula

1/2 btg kayu manis

5 biji cengkih

2 bh bunga peka

2 bh kapulaga

Bumbu halus:

3 siung bawang putih

5 bh bawang merah

5 bh cabai merah, buang bijinya

5 bh kemiri

5 cm kunyit yang tua

3 cm jahe

2 cm lengkuas

1/2 sdt jinten

1/2 sdt adas manis

1/2 sdt lada

1 sdm ketumbar bubuk

1/4 bh biji pala

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan kambing, masak sampai berubah warna.
  • Masukkan santan, masak dengan api kecil hingga matang. Siap disajikan.

Untuk 6 porsi

http://momelly.multiply.com/journal/item/240/Kari_Kambing

Resep Roti Cane

 RESEP 1

http://www.dapurbunda.com/dokumen/resep/aneka%20hidangan%20khas 20india/ROTI%20CANE.txt

Bahan

500 gram tepung terigu
2 butir telur ayam
1/2 sdt garam
160 ml air matang
1 sdm minyak samin

Cara Membuat

  • Campur air matang dengan telur, garam, dan minyak samin, aduk rata.
  • Campur tepung terigu dengan bahan telur, aduk rata, uleni hingga kalis.
  • Bagi adonan menjadi 7 bagian, bentuk bola-bola lalu tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama 1 jam.
  • Ambil satu adonan, bentangkan tipis, olesi dengan minyak saminlalu gulung bentuk konde dan istirahatkan selama 1/2 jam.
  • Panaskan wajan pipih, beri sedikit minyak samin. Ambil satu adonan, pipihkan dan goreng hingga kecokelatan dan matang, angkat.
    Taruh dalam pinggan, sajikan bersama kari kambing.

Untuk: 4 orang

SUMBER : http://www.dunia-ibu.org/dapur/index.php?id=182

RESEP 2

Bahan:
500 gr gandum mutu bagus
1 sdm baking powder
1 sdt penuh ragi (yeast )
1 sdm gula bubuk
2 sdm penuh susu bubuk
½ sdt garem
1 butir telor
+ 150 ml air atau secukup nya
½ gelas minyak sayur

Cara bikin:

  • Aduk rata gandum, baking powder, ragi gula, susu dan garam.
  • Lalu masukan telur dan air sedikit demi sedikit sampe adonan kalis.
  • Kasih minyak sedikit demi sedikit, sampe adonan ga nempel di tangan.
  • Biarkan sekitar 30 menit.
  • Bentuk dan bagi adonan jadi bola-bola se besar bola ping-pong.
  • Lalu bentuk kulit seperti bikin kulit martabak untuk gampang nya, atau digilas setipis mungkin lalu dilipat bentuk segi4 (seperti bikin kulit croison atau pastry)
  • Siapkan wajan datar dengan sedikit minyak untuk membakar adonan.
  • Bakar adonan di wajan panas dibolak-balik, supaya mateng nya rata, angkat jika sudah kekuningan.
  • Sajikan sesuai selera

http://liza22.blogspot.com/2006/07/chapati-roti-cane.html

RESEP 3

500 gr tepung terigu protein tinggi

1 1/2 sdt garam

275 ml air

1 btr telur

100 ml minyak goreng untuk adonan

100 ml minyak goreng untuk celupan

Bahan II:

50 gr butter

Cara membuat:

  1. Masukkan bahan I dalam alat pembuat roti kemudian uleni selama 15 menit hingga kalis, bagi adonan menjadi 16 bagian @50 gr, bulatkan dan celupkan dalam minyak 30 menit.
  2. Pipihkan dan lebarkan adonan, olesi dengan butter, gulung memanjang, bentuk melingkar.
  3. Letakkan diatas panggangan martabak yang sudah panas dan beri sedikit minyak goreng, tekan-tekan dengan sutil hingga melebar, lakukan hingga matang kuning kecokelatan.

Untuk 8 buah

http://momelly.multiply.com/journal/item/239

Sania Dajaj bil Batata

sania-dajaj-bil-batata.jpg

Ingredients:
1 kg ayam (paha atas + bawah), biarkan utuh dan kulitnya juga dipakai, sayat-sayat (agar bumbu meresap)
500 gram kentang, potong bundar
2 buah bawang bombay, potong bundar
3 sdm minyak goreng
Ghee secukupnya untuk olesan ayam
Air perasan jeruk lemon

Bumbu ayam, haluskan:
6 siung bawang putih
1 sdt garam
½ sdt merica putih bubuk
½ sdt merica hitam bubuk
1 sdt cabe merah bubuk (optional)

Bumbu kentang dan bawang bombay:
1 sdt garam
2 sdt ketumbar bubuk
Merica putih bubuk secukupnya

Directions:
1. Marinate ayam yang sudah dibersihkan dengan bumbu halus selama minimal 30 menit (semalaman lebih baik) dan simpan dalam lemari es.
2. Campur kentang dan bawang bombay dalam wadah. Taburi dengan ketumbar bubuk, garam dan merica secukupnya. Aduk rata.
3. Susun kentang dan bawang bombay dalam piring tahan panas (sania).
4. Susun daging ayam diatasnya. Perciki dengan minyak goreng.
5. Panggang dalam oven selama 30 menit, lalu olesi ayam dengan ghee. Panggang lagi sampai ayam kecoklatan. Balik ayam, dan panggang dengan api atas sampai kecoklatan dan matang. Angkat dan perciki dengan air perasan jeruk lemon.
6. Makan deh pakai nasi putih dan yoghurt.

Sumber : http://iniaku.multiply.com/tag/masakan%20timur%20tengah