Risol

 RESEP 1

Bahan:
Kulit:

  • 4 cup tepung terigu
  • Air secukupnya untuk melarutkan
  • 1 btr telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Margarine secukupnya untuk menyemir wajan

Isi:

  • 3 bh Wortel ukuran sedang, parut kasar
  • 3 bh Kentang ukuran sedang, parut kasar
  • 4 bh Bawang Bombay ukuran besar, cincang halus
  • 150 gr Daging giling (boleh ayam, boleh sapi)
  • 5 sdm Susu Kental Manis (larutkan dalam 1 gelas air)
  • 4 siung Bawang Putih (cincang halus)
  • Lada bubuk (sesuai selera)
  • Penyedap (Kaldu spt R_Y_O, atau M_S_K_)
  • Tepung terigu secukupnya (larutkan dalam ½ gelas air)
  • 3 sdm Margarine

Selimut:

  • Telur dikocok, secukupnya
  • Tepung Panir, secukupnya

Cara membuat:
Kulit:

  • Campur terigu dan garam dengan air, aduk rata.
  • Masukkan telur, kocok rata.
  • Tambahkan air (jika perlu) sdikit demi sedikit hingga kekentalannya cukup.
  • Dadar satu-satu dalam penggorengan anti lengket, sisihkan

Isi:

  • Panaskan margarine dalam wajan besar (anti lengket yah), lalu tumis bawang bombay, bawang putih.
  • Setelah harum masukkan daging giling, tumis hingga setengah matang.
  • Masukkan kentang parut dan wortel parut, tumis hingga lunak.
  • Masukkan lada, penyedap, dan larutan susu. Aduk rata.
  • Setelah matang, masukkan larutan tepung terigu.
  • Aduk hingga mengental, setelah YAKIN semuanya matang, angkat lalu dinginkan.

SAATNYA MEMBUNGKUS

  • Ambil satu lembar adonan kulit, taruh 2 sdm adonan isi ditengahnya lalu lipat persegi panjang.
  • Well kalau mau lipat segitiga sih boleh-boleh aja, tp sejauh ini gue belum nemu caranya supaya rapi hehe.
  • Bungkus adonan isi dengan kulit, hingga kulit habis.

SAATNYA MEMANIR

  • Celupkan risol ke dalam kocokan telur, lalu angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan risol ke dalam tepung panir, ratakan.
  • Lakukan sampai semua habis, simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 20 menit, baru digoreng.

NOTE:

  • Gunakan wajan anti lengket supaya nanti kalian gak kesel, kok kulitnya susah lepas dari wajan. Nanti risolnya bisa berantakan kalau kalian kesel. Jangan lupa semir wajan dengan sedikit margarin supaya lebih anti lengket.
  • Kalau adonan isinya bersisa, maklum aja namanya juga resep egois. Tapi ada jurus jitu untuk memanfaatkannya… bisa dimakan dengan roti panggang (gak kalah enak nii), atau bikin telur dadar dan dimakan bareng telur dadar (ini juga enak hehe), yg paling gampang yah digado aja… enak juga kaaaaaan.
  • Kalau gak ada susu kental manis boleh kok pake susu bubuk, tapi adonan isinya jangan lupa ditambahin gula ya. Supaya lebih enak.
  • Pengalaman saya, semakin banyak bawang bombay dan lada, risolnya semakin enaaaaaaaaak.
  • PASTIKAN, semua risol sudah selesai digoreng baru kemudian disajikan.

http://ditaku.multiply.com/reviews/item/5

RESEP 2

Ingredients:
Adonan kulit American Risoles:

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 3 btr telur
  • 300 ml susu cair
  • 75 gr mentega, lelehkan
  • margarine untuk olesan

Cara membuat:

  • Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  • Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  • Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  • Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  • Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Directions:
Bahan isi :

4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir.
½ Kg minyak goreng

Cara membuat :

  • Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potangan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
  • Lakukan hingga crepes habis.
  • Celupkan crepes isi kedalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
  • Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  • Goreng hingga kuning.
  • Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

http://dinasony.multiply.com/recipes

RESEP 3

Bahan kulit :

  • 250 gr tepung terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendeok teh garam
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 800 ml air
  • 2 sendok makan margarin di cairkan

Bahan Isi :

  • 250 gram ayam rebus di suwir- suwir
  • 200 gram wortel di potong dadu kecil2
  • 100 gram kentang di potong dadu kecil2
  • 100 ml kaldu ayam
  • 2 telor kocok lepas
  • 1 sendok makan meizena yg telah dilarutkan dgn sedikt air
  • minyak untuk menumis

Bumbu isi :

  • bawang prei
  • 1/2 sdt pala parut
  • 1/2 merica
  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan lapisan :

  • 2 butir putih telur
  • tepung panir

Cara membuat :

  • Tepung terigu, garam, susu bubuk dimasukkan dalam baskom ditambah sedikit air uleni sampai benar – benar rata, baru dimasukkan sisa air tepuk-tepung adonan dengan tangan agar adonan liat
  • Panaskan wajan teflon ukuran 18 cm, olesi dengan minyak tipis-tipis
  • Buat adonan menajdi dadar tipis dan sisihkan
  • Untuk isi : tumis bawang merah dan bawang putih yg telah dihaluskan dan bawang prei yg telah dirajang halus sampai harum, masukkan suwiran ayam, wortel dan kentang sampai layu. Tambahkan kaldu ayam, merica, pala garam dan gula sampai kaldu menyusut. Untuk tahap akhir masukkan kocokan telur aduk2 sebentar. Kentalkan rogut dengan larutan meizena angkat dan dinginkan
  • Isi dadar risol dengan 1 sendok makan penuh rogut lipat bentuk amplop
  • Kocok putih telur, celupkan risol ke kocokan telur lalu tiriskan dan gulingkan ke tepung panir, timang2 risol agar tepung panir yg tidak lengket jatuh.
  • Diamkan dalam lemari es selama 1 jam agar tepung panir lengket benar
  • Goreng dalam minyak panas yang banyak sampai kecoklat coklatan
  • Siap dihidangkan dengan cocolan sambal tomat

Adonan diatas bisa jadi kurang lebih 30 buah

http://www.komunitasncc.web.id/2006/07/page/2/

RESEP 4

Ingredients:
Bahan Kulit :
1 cup terigu
3 cups susu
2 butir telur, kocok rata
1 sdt garam
Minyak untuk mengoles wajan

Bahan pencelup :
1 butir telur, kocok rata
2 sdm terigu
1/2 cup susu
Tepung panir (bread crumb)

Bahan isi :
1/2 lb daging cincang
Wortel, kupas, potong kecil-kecil
1/2 bw bombay, chopped
1 sdt garlic powder
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm gula
1 maggi block
Sedikit pala
1 1/2 cup susu
1/4 cup terigu larutkan dalam 1 cup air

Directions:
Membuat Kulit Risoles :

  • Campur semua bahan (kecuali minyak), aduk rata. Campur terigu dan susu terlebih dahulu, telur terakhir.
  • Olesi wajan dengan minyak, buat dadar tipis diameter 20-25 cm. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Buat Isi :

  • Tumis bw bombay hingga harum, masukkan daging giling dan wortel, aduk rata. Masukkan semua bumbu, aduk rata hingga wortel matang.
  • Tuangi susu, masak hingga mendidih.
  • Tuang larutan terigu, aduk cepat hingga mengental. Angkat.

Buat pencelup :
Capur semua bahan pencelup (telur terakhir), aduk rata.

Penyelesaian :

  • Ambil selembar kulit risoles, isi dengan 1-2 sdm adonan isi, lipat dan digulung.
  • Celupkan ke dalam adonan pencelup, gulingkan ke dalam tepung panir.
  • Goreng hingga kecoklatan. Angkat. Sajikan.

http://mamieksyamil.multiply.com/recipes/item/30

About these ads

4 Tanggapan

  1. boleh juga tuh resepnya. kirim ke email gue donk… tq&lam knal.

  2. Tepung panir kalo diganti ama tepung nugget gmn…..kaya’nya enak juga…

  3. Assalammualaikum, wah boleh juga tuh resep2nya abi,klo boleh tolong email k alamatku, coz saya baru mau mulai coba2 buat

  4. thanks resepnya.. coba aah~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: